Kamis, 26 Februari 2009

DARI KARTON BEKAS MENJADI KAPAL LAYAR

KAPAL LAYAR KUNO YANG CANTIK

Kapal perang yunani tahun 500 SM. Mempunyai layar tunggal dan digerakkan oleh 170 pendayung di tiga geladak. Didepan, di ujung haluan kapal diberi perampak untuk mendobrak kapal musuh. Bagian haluan kapal di beri gambar mata pemandu. Mata itu dipercaya dapat membimbing kapal dan membawanya pulang dengan selamat. Kapten Kapal memberi komando dari tempat duduknya di buritan.



Kapal dagang Romawi abad ke 2 panjang 55 m, lebar 14 m, tinggi 13 m. Dapat memuat lebih dari 250 orang. Kapal ini untuk mengangkut barang, dan budak-budak dari tanah jajahan romawi. Kapal juga sering mengangkut binatang-binatang liar dari Afrika. Di buritan kapal dihiasi patung kepala angsa lambang Isis Dewi Mesir pelindung


Caravela adalah kapal layar penjelajah tahun 1400. Dilengkapi tiga tiang layar. Kapal Caravela ini bernama PINTA, salah satu dari tiga kapal yang dibawa Crirthoper Colombus tahun 1492 untuk pertama kali mendarat di benua Amerika. Selanjutnya Columbus dengan kapal ini pula mengadakan pelayaran dari Sepanyol ke Amerika sampai tiga kali.


SANTA MARIA Kapal terbesar diantara tiga kapal yang dibawa Christhoper Columbus dalam mencari dunia baru tahun 1492. Kapal dinahkodai sendiri, pada tanggal 3 Agustus 1492 berlayar meninggalkan Spanyol. Setelah menjelajahi kepulauan Bahama, armada pulang ke Spanyol. Dalam perjalanan pulang, Natal 1492, Santa Maria pecah menabrak karang di Haiti.



Pinisi termasuk perahu layar, kebanggan Nusantara, Nenek moyang bangsa Indonesia dengan kapal ini telah menjelajah hampir seluruh dunia. Kapal Pinisi buatan masyarakat Bugis itu zaman dulu telah berlayar sampai ke Kepulauan Madagaskar. Hingga sekarang kapal-kapal pinisi masih dipergunakan melayari dari Indonesia Timur ke pelabuahn-pelabuhan di pulau Jawa.



Galleon, Kapal perang abad 17. Dengan tiga tiang layar utama dan layar yang banyak, sehingga dapat berlayar dengan cepat. Kapal dilengkapi dengan lebih dari 40 meriam, crew sekitar 300 orang, dan tentara lebih dari 100 orang


Tak menyangka kalau miniatur kapal layar cantik diatas terbuat dari limbah. Badan kapal terbuat dari kotak susu, kotak roti, karton bekas, undangan dan lain-lain. Tiang-tiang layar dari sumpit mi, tusuk sate, tusuk gigi, lidi dan sebagainya, sedang layar-layarnya juga dari baju bekas seragam anak-anak sekolah. Kapal kapal layar diatas dijual dengan harga dari 30000 hingga 60000 rupiah.

NAH TERNYATA SAMPAH BUKAN MASALAH, TERNYATA MEMBAWA BERKAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar